Kamis, 03 April 2008

Permintaan

PERMINTAAAN

Permintaan adalah kesediaan pembeli untuk membeli berbagai jumlah barang dan jasa pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya permintaan antara lain:

1. Selera

Jika selera konsumen terhadap suatu barang besar, cenderung permintaan terhadap barang tersebut juga besar., dan jika selera konsumen terhadap suatu barang sedikit, maka permintaan terhadap barang tersebut barang tersebut juga sedikit.

2. Pendapatan Konsumen

Semakin besar pendapatan konsumen mengakibatkan kemampuan konsumen untuk membeli barang meningkat, sehingga permintaan terhadap barang meningkat dan sebaliknya. Jika pendapatan konsumen menurun berakibat menurunnya daya beli konsumen, akhirnya permintaan terhadap barang dan jasa menurun.

3. Harga Barang/ Jasa Pengganti (Substitusi)

Jika harga barang/ jasa pengganti naik, maka permintaan terhadap barang dan jasa akan naik dan jika harga barang/jasa pengganti turun, maka permintaan terhadap barang dan jasa akan turun.

4. Harga Barang/ Jasa Pelengkap (Komplementer)

Jika harga barang/jasa pelengkap naik maka jumlah permintaan terhadap barangdan jasa turun, dan jika harga barang/jasa turun maka jumlah permintaan terhadap barang dan jasa naik.

5. Perkiraan Harga di Masa Datang

Jika harga barang di masa yang akan dating diperkirakan naik/lebih ahal, maka permintaan terhadap barang tersebut cenderung meningkat, karena pembeli tidak mau membeli dengan harga yang lebih mahal. Sebaliknya, jika harga barang di masa yang akan datang diperkirakan turun/lebih murah maka permintaan terhadap barang tersebut cenderung menurun, karena pembeli ingin membeli dengan harga yang lebih murah.

6. Intensitas Kebutuhan Konsumen

Apabila suatu barang sangat dibutuhkan dan mendesak, maka permintaan terhadap barng tersebut akan naik, dan sebaliknya jika barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan dan tidak mendesak maka permintaan terhadap barang tersebut cenderung menurun.

7. Harga Barang

Jika harga barang rendah/murah maka cenderung permintaan terhadap barang tersebut tinggi dan jiak harga barang tinggi maka cenderung permintaan terhadap barang tersebut cenderung rendah.

Hukum Permintaan dan Kurva Permintaan

v Hukum Pemintaan :

Adala hukumyang mengatur hubungan antara harga barang dengan permintaan terhadap barang dan jasa.

Hokum aan berbunyi:

“Apabila harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta turun dan apabila harga turun cenderung jumlah barang yang diminta akan naik” atau permintaan terhadap suatu barang berbanding terbalik dengan harga barng yang diminta.

v Kurva Permintaan

Adalh grafik yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan harga barang.

Contoh: jumlah permintaan terhadap barang “X”

Keterangan:

Kurva permintaan akan bergerak dari kanan atas ke kiri bawah, artinya apabila harga turun maka jumlah barang dan jasa naik dan sebaliknya.

Macam – Macam Permintaan

v Menurut daya beli:

a. Permintaan efektif

b. Permintaan absolut

v Menurut jumlah subyek pelaku:

a. Permintaan individu

b. Permintaan kolektif

(Nur Fajriah)

Tidak ada komentar: