Jumat, 04 April 2008

Indonesia kalah dari Thailand dan Malysia

Indonesia Kalah dari Thailand dan MalaysiaDibandingkan dengan Negara tetangga yang sama-sama mengalami krisis ekonomi pada 1998, pendapatan per kapita Indonesia kalah jauh. Pada 2002, pendapatan per kapit Thailand 1.987 dolar AS dan Malaysia 3.400 dolar AS, sedangkan Indonesia hanya 830 dolar AS. Jika ingin mencapai tingkat pendapatan per kapita seperti Thailand pada tahun 2010, Indonesia harus meningkatkan Gross Domestic Produk menjadi 487,1 miliar dolar AS atau 2,5 kali lipat lebih dari sekarang.

“Artinya kita harus mampu menambah 307 miliar dolar AS dalam tujuh tahun ke depan,” tutur Dr. Ir. Arifien Habibie, Asisten Deputi Urusan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi Kementerian Negra Koperasi dan UKM. Dia menegaskan bahwa dengamn pertumbuhan ekonomi 10% sekalipun, Indonesia sulit mengejar GDP yang dicapai Thailand pada 2002. Dengan pengangguran terbuka sekitar 8 juta jiwa, Indonesia memerlukan pertumbuhan ekonomi 6%-7%.

“Namun, ketidakpastian di beberapa bidang menyebabkan investasi yang masuk rendah sehingga upaya perbaikan investasi terlalu lambat dibandingkan dengan laju pertambahan penganguran,”jelasnya.

(Adif L.)

Tidak ada komentar: